Naga: Fakta atau Fiktif

Anda suka membaca dongeng? Nah, makhluk yang digambarkan sejenis kadal raksasa bersayap atau ular raksasa berkaki ini pasti sudah tak asing lagi. Naga, itulah namanya. Dia merupakan salah satu bintang dalam dongeng atau mitologi kuno.

Sayang, naga hampir selalu digambarkan sebagai tokoh jahat (antagonis). Apakah naga benar-benar jahat? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada pertanyaan lain yang lebih mengusik rasa penasaran kita. Naga itu makhluk yang benar-benar ada di dunia nyata ini atau hanya fiktif (khayalan) belaka?

Sosok naga seperti banyak digambarkan dalam dongeng, memang hanya ada di dunia dongeng. Namun di dunia nyata banyak makhluk yang namanya memakai kata Dragon (bahasa Inggris) yang artinya naga. Banyak juga binatang yang bentuknya mirip dengan naga di dalam dongeng. Nah, berarti naga benar-benar ada di dunia nyata ya?

Iya sih, tapi dragon-dragon (naga-naga) yang ada di dunia nyata tentu berbeda dari naga-naga yang ada di dongeng. Bisa jadi, sosok naga-naga yang ada di dunia nyata inilah yang dahulu menginspirasi para pelukis atau pengarang untuk menciptakan tokoh fiktif bernama naga, bersosok seram, ganas seperti yang sekarang kita kenal di dalam dongeng.

Nah, apa saja naga-naga yang ada di dunia nyata?

1. Sea Dragon

Sea Dragon (naga laut) adalah kerabat dekat kuda laut. Lihat saja bentuk tubuhnya yang sangat mirip dengan kuda laut. Tapi sepintas, mirip juga dengan bentuk naga dalam dongeng, yaitu menyerupai kadal bersirip.

2. Flying Dragon

Flying Dragon (naga terbang) berasal dari Asia Tenggara. Dia adalah sejenis kadal pohon yang mempunyai kulit seperti sayap yang dapat digunakan untuk meluncur dari satu pohon ke pohon yang lain. Ya, dia sebenarnya tidak terbang, tetapi hanya meluncur dengan merentangkan selaput kulit di kedua sisi tubuhnya.

3. Komodo Dragon

Di Indonesia, kadal terbesar di dunia ini lebih dikenal dengan nama komodo. Namun dalam bahasa Inggris, binatang ini bernama komodo dragon (naga komodo). Dia dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Sosok dan tampangnya sangat seram, tidak berlebihan jika dia diibaratkan seperti naga.

4. Pterosaurus

Dari semua makhluk yang pernah hidup di bumi, sosok pterosaurus paling menyerupai naga dalam dongeng yang berkembang di Eropa. Mulai dari mulut, sayap, sampai kaki mirip dengan naga dalam dongeng.

5. Dragonfly

Dragonfly (capung) adalah serangga yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sosoknya tidak seram, tetapi anatomi tubuhnya ada kemiripan juga dengan naga dalam dongeng. Mungkin alasan itulah dia dinamakan dragonfly.

6. Alligator Chinese

Alligator Chinese (aligator China) adalah buaya jenis lebih kecil yang telah menginspirasi tokoh naga dalam dongeng-dongeng yang berkembang di Asia. Dia dapat tumbuh mencapai panjang 2 meter dan termasuk salah satu reptil paling berbahaya di dunia.

7. Phyton

Phyton (ular sanca) adalah ular terbesar di dunia. Ular raksasa ini sangat besar pengaruhnya dalam menginspirasi lahirnya tokoh ular naga raksasa dalam dongeng. Ular sanca dapat tumbuh mencapai 10 meter lebih.

8. Bearded Dragon

Bearded Dragon (naga berjenggot) banyak terdapat di hutan Australia. Dia mempunyai selaput kulit tambahan di seputar kepalanya sehingga menyerupai jenggot. Karena jenggotnya itulah dia layak menyandang nama naga berjenggot.

9. Frilled Dragon

Frilled Dragon (naga berumbai) adalah kadal kecil yang banyak terdapat di hutan Australia Utara. Sesuai dengan namanya, ada rumbai-rumbai yang mengitari kepalanya. Meski hanya kadal kecil, sosoknya sangat mirip dengan naga dalam dongeng.

One thought on “Naga: Fakta atau Fiktif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s