Machu Picchu

Pada tahun 1911 seorang professor bernama Hiram Bingham dari Universitas Yale Amrik, melakukan ekspedisi ke wilayah peru. Tujuannya untuk meneliti peninggalan suku Inca. Eksistensi suku asli peru ini diperkirakan berlangsung dari tahun 1200 SM sampai sekitar 1532 M.

Pas sampe di sana sang professor mendapat informasi tentang

keberadaan sebuah kota peninggalan peradaban penduduk local.

Lokasinya di puncak sebuah gunung. Buat sampai ke tempat ini, terlebih harus ngelewati hutan yang lembab dan dingin. Belum lagi jalan yang harus dilewati terjal dan curam. Sedikit kesalahan bisa berakibat fatal.

Setelah melewati pendakian yang melelahkan, Bingham akhirnyamendapati sebuah pemandangan yang menakjubkan. Tampak sebuah kota jaman dulu yang terletak diantara dua puncak gunung.

Di sana ditemukan reruntuhan bangunan-bangunan bekas rumah dengan tangga-tangganya. Bahkan ada bekas-bekas air mancur yang indah dan sebuah bangunan candi lengkap dengan altarnya. Dari hasil penelitian, belakangan diketahui kalo tempat itu biasa digunakan penduduk setempat untuk menyembah dewa matahari

Sekarang kota ini dikenal dengan nama Manchu Picchu. Awalnya, professor Bingham memperkirakan bahwa kota ini dibangun sekitar tahun 1532. Karena saat itu spanyol menginvasi wilayah ini, suku Inca penduduk asli daerah itu, harus menyingkir dan membuat tempt persembunyian di lokasi yang sulit ditempuh musuh.

Ternyata perkiraan itu salah. Setelah dilakukan penelitian yang dalam, disimpulkan bahwa kota ini dibangun sebelum spanyol datang. Tanda-tanda awal kedatangan manusia di tempat itu udah terlihat sejak tahun 1300 SM Kota Machu Picchu dikelilingi benteng alami yang sangat kokoh, yaitu gunung ini sendiri. Buktinya, tentara spanyol tidak pernah menemukan tempat keramat itu. Dengan begitu, rahasia suku inca tetap aman di puncak gunung.

Sumber: id.shvoong.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s