Water Stider

Jika anda tertarik untuk dapat berjalan diatas air, tanpa harus tenggelam. ada baiknya anda belajar kepada ahlinya. siapa dia? dia adalah seekor serangga air di kenal dengan namawater strider, jesus bug (Ilmiah : Gerris remigis).

Serangga kecil ini sudah lama membuat takjub para peneliti, habitat yang tidak biasa telah mengundang banyak tanya. sepintas memang tak ada yang istimewa dari serangga ini, dengan bentuk tubuh cenderung pipih dan agak memanjang yang dilengkapi dengan dua atau tiga pasang kaki, perawakan yang umum pada keluarga insecta. tapi kita akan di buat kagum jika melihat cara berjalannya yang ajaib, serangga ini menghabiskan seluruh waktunya diatas air, ia dapat berjalan diatas air seperti yang kita lakukan di daratan. bagaimana bisa?

Ingat Hukum III Newton F(aksi)= -F(reaksi) ternyata serangga ini telah menerapkan hukum Newton tersebut, ia memanfaatkan kakinya untuk dapat mendayung diatas air tanpa memecah ikatan kovalen antar molekul air yang di injaknya mereka hanya menekan permukaan air, sehingga terbentuk cekungan di sekitar kaki. Cekungan itu digunakan sebagai ujung “dayung” yang mengayuh air ke belakang dan mendorong serangga maju ke depan. Bukti yang bisa diamati berkaitan dengan teori “mendorong air ke belakang” adalah pusaran air permukaan yang terjadi saat serangga bergerak maju. Percobaan memperlihatkan bahwa saat melangkah, kaki-kaki tengah serangga akan menghasilkan arus bawah air yang tersembunyi. Arus hasil kayuhan kaki itulah yang mendorong serangga maju ke depan.

Selain itu ternyata bentuk tubuh dan bulu-bulu halus di sekitar kaki juga merupakan rahasia mengapa serangga ini tidak tenggelam saat berjalan diatas air. Keluarga Gerridae memanfaatkan tekanan permukaan dan rambut-rambut kecil penahan air untuk mengapung. Kaki-kaki tengahnya digunakan untuk melakukan gerakan mendayung, sedangkan kaki belakang dipakai sebagai kemudi dan rem. Dalam pada itu, kaki depan yang bebas dipakai untuk menangkap mangsanya.

Water Strider dapat berjalan dengan sangat cepat diatas air Ia dapat menempuh 100 kali panjang tubuhnya dalam waktu satu detik atau lebih dari 1,5 m/s. Hal ini setara dengan seseorang setinggi 1,8 meter berenang dengan kecepatan 644 kilometer per jam. Luar biasa!!

Mereka biasanya terdapat pada perairan tenang dan hidup berkelompok. seekor serangga yang terjatuh kedalam air biasanya meronta-ronta dan menimbulkan gelombang. Gelombang ini mengirimkan semacam sinyal pada water strider yang akan segera meresponnya dengan sesegera mungkin menghampiri serangga tersebut, dan menyantapnya dengan cara menghisapnya hingga kering, selain memburu serangga yang terjebak hewan ini juga memangsa “bayi” udang dan invertebrata aquatik lainnya.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s