Therizinosaurus

Nama Dinosaurus: Therizinosaurus

Arti Nama: Dinosaurus tukang jagal

Jenis Dinosaurus: Sauropodomorpha(pemakan tumbuhan)

Masa Hidup: Zaman Cretasius(77 juta tahun yang lalu)

Penemu: Maleev pada tahun 1954

Lokasi penemuan: Mongolia, Cina, Amerika Utara.

Teka-teki Therizinosaurus merupakan teka-teki dinosaurus yang paling sulit dipecahkan. Pertama kali, para ilmuan hanya menemukan cakar raksaksa Therizinosaurus saja. Dengan penemuan cakar itu, para ilmuan menduga bahwa Therizinosaurus adalah pemakan daging, karena cakar raksasa biasanya ditemukan pada dinosaurus pemakan daging(Theropoda). Mungkin dari situlah muncul ide untuk memberikan nama Therizinosaurus.

Selanjutnya, para ilmuan menemukan tulang belakang Therizinosaurus. Para ilmuan pun semakin bingung, sebab tulang belakang Therizinosaurus sangat besar, sama seperti tulang belakang dinosaurus pemakan tumbuhan yang lainnya. Dengan penemuan ini, tentu saja para ilmuan menjadi bingung untuk menggolongkan Therizinosaurus ke dalam golongan dinosaurus apa.

Penemuan bagian tubuh selanjutnya membuat masalah terpecahkan. Setelah ditemukan bagian kepala serta giginya, para ilmuan dengan yakin menggolongkan Therizinosaurus sebagai dinosaurus pemakan tumbuhan. Ya, karena kepala dan gigi Therizinosaurus kecil, sama seperti tumbuhan pemakan daun yang lainnya. Para ilmuan pun menduga kalau Therizinosaurus merupakan dinosaurus evolusi dari dinosaurus pemakan daging yang menjadi dinosaurus pemakan tumbuhan.

Para ilmuan memperkirakan cakar raksasa Therizinosaurus berguna untuk meraih ranting pohon saat makan. Cakar ini juga berguna untuk melawan pemangsa dan sangat berguna sebagai perlindungan diri tentunya.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s